Introduction To Packet Tracer

Packet Tracer adalah sebuah aplikasi simulator yang dikembangkan oleh cisco. dan sangat banyak sekali variasi protocol yang bisa dimanfaatkan, teruntuk lagi untuk kita teman-teman yang belum punya biaya mungkin untuk langsung praktek di dunia Networking. Dengan simulator ini bisa mempermudah untuk belajar praktek langsung tanpa menggunakan perangkat seperti switch, router, dll. di simulator ini mendukung Layer 2 contohnya Ethernet dan PPP, Layer 3 contohnya IP, ICMP, dan ARP, dan Layer 4 contohnya TCP dan UDP. Dan dalam simulator ini juga kita bisa mengkonfigurasi Routing yang jika dibandingkan dengan perangkat router  aslinya itu hanya sedikit berbeda,sebelumnya temen-temen harus tau yang namanya simalator pasti tidak seperti aslinya yang bisa melakukan banyak command tak terbatas. oke, langsung saja capek basa basi ga pentingnya, :D

Tampilan Awal Packet Tracer.
ketika di start.










ini untuk tampilan awal nya ketika start PT nya disampingnya bisa kita lihat itu adalah about dari PT nya kita bisa tau versi berapa. caranya dari help -> about.

Choosing Device and Connection
ketika kita mulai membangun sebuah jaringan atau topologi jaringan maka kita akan menggunakan dari salah satu perangkat seperti switch, router, pc dll. sedangkan untuk connection nya kita butuh kabel dan jenis-jenisnya ada : cross, stright, serial dce, serial dte dll. disini akan dijelaskan yang biasa dipakai untuk belajar cisco seperti ccna, perhatikan dibawah ya :

Router
di sini temen-temen bisa lihat beberapa type router yang ada pada simulator packet tracer (PT) 
cara nya dengan single-click saja pada simbol router, maka akan muncul banyak type router yang launch/ tampil.

Switch 


End-Device 


Connection
disini saya akan menjelaskan fungsi setiap kabel yang biasa digunakan untuk ngelab atau praktek saja ya. 
  1. petir / halilintar (automatically) yang ada pada connection tu adalah connection otomatis yang akan secara otomatis menggunakan kabel yang sesuai untuk perangkat yang dihubungkan, symbol itu bisa temen-temen pakai kalo bingung kabel apa yang sesuai untuk perangkat yang mau dhubungkan.
  2. Melengkung biru (console) connection untuk menghubungkan misalnya PC mau konfigurasi switch dari console langsung dari PC maka kita menggunakan kabel ini.
  3. Lurus (Straight) digunakan untuk switch ke pc, switch ke router, untuk lebih lengkapnya temen-temen bisa mandiri baca-baca artikel yang berhubungan.
  4. Cross (Lurus hitam putus-putus) ini biasanya untuk 2 perangkat yang masing-masing perangkat itu bisa dimasukkan IP secara fisik bukan virtual, contohnya router ke router, router ke pc, pc ke pc, server ke pc dll
  5. Serial DCE dan DTE (garis merah seperti petir) DCE melakukan fungsi seperti sinyal konversi, coding , dan garis clocking dan dapat menjadi bagian dari peralatan DTE. Meskipun istilah yang paling sering digunakan adalah RS-232 , namun DTE dan DCE merupakan standar dari Peralatan Komunikasi Data yang kedua peralatan tersebut saling berkomunikas.
    mungkin untuk serial agak bingung ya, lebih mudah difahami nanti untuk postingan berikutnya di bagian LAB nya.



berakhir sudah introduction kita, mungkin yang masih bingung bisa komentar ya temen-temen, see you next time semoga yang baca senantiasa dalam lindungan Allah Aamiiiin.

Comments

Popular Posts